Selasa, 02 Februari 2016

Wawancara KERJA?Siapa Takut!!!


Wawancara Kerja 
Saat ini banyak sekali website yang memberikan info mengenai lowongan kerja, salah satunya adalah lowongan kerja di bintaro. Namun bagaimana jadinya jika impian dan harapan kita musnah begitu saja ketika kita gagal melakukan wawancara pekerjaan? Berikut ini merupakan beberapa tips dan trik bagi anda, agar dapat melewati semua tahapan wawancara pekerjaan dengan lancar dan tanpa suatu hambatan apapun. 

1.Mencari info tentang perusahaan yang anda lamar terlebih dahulu  
Cari tahulah terlebih dahulu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, bagaimana lingkungan kerjanya atau segala hal yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Agar ketika anda ditanya mengenai perusahaan yang anda lamar,anda tidak terlihat bingung.

2. Berpakaian Rapi, Sopan, Dan Sesuai Dengan Bidang Pekerjaan Yang Anda Lamar
Ini penting sekali,karena pertama kali yang orang lain lihat adalah penampilan anda.

3.Usahakan datang lebih awal sebelum jadwal wawancara berlangsung 
Agar anda dapat mempersiapkan diri dengan baik.

4.Ucapkan salam
Saat anda memasuki ruangan, jangan lupa ucapkan salam dengan intonasi suara yang tepat. Karena penilaian kesopanan pribadi anda akan dilihat disini.

5.Jabat tangan

Genggam tangan pewawancara sekaligus perkenalkan diri anda dengan hangat dan erat namun tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu lemah.


6.Jangan duduk sebelum dipersilahkan.

Pewawancara dapat menilai attitude atau sikap anda dari hal ini. Duduklah dengan tegak namun santai dan tetap sopan sehingga anda bisa melakukan wawancara dengan rileks.


7.Tebarkan senyum dan lakukan kontak mata

Tebarkan senyum hangat dan lakukan kontak mata kepada pewawancara. Kontak mata merupakan salah satu indikasi rasa percaya diri serta salah satu bentuk fokus perhatian dari anda yang diberikan kepada pewawancara.

8.Gunakan bahasa yang sopan, jelas dan lancar
Agar pewawancara dapat mengerti dari jawaban anda.Ingatlah untuk selalu mengambil jeda setelah pewawancara melontarkan pertanyaan. Ini bermanfaat untuk memberi kesan bahwa anda bukan orang yang suka terburu-buru, tetapi juga memberikan kesempatan kepada anda untuk mencerna apa maksud pertanyaan tersebut dan menyusun garis besar jawaban anda.

9.Ceritakan diri dan kondisi anda dengan jujur
Entah itu mengenai Riwayat pendidikan anda, tempat tinggal, keluarga atau apapun mengenai diri anda usahakanlah selalu berkata jujur.

10.Tips menjawab pertanyaan tentang gaji saat wawancara kerja 
Lebih baik sebelumnya anda telah mencari-cari informasi berapa kira-kira bayaran (gaji) yang diterima pegawai di perusahaan tersebut pada posisi yang sedang anda lamar sekarang. Anda boleh menambahkan bahwa anda tentu juga akan senang apabila gaji yang diterima lebih besar dari yang telah anda sebutkan.

11.Tips menjawab pertanyaan tentang kelemahan Anda 
Sebutkan apa saja kelemahan anda,namun setelah itu anda berikan bagaimana cara mengatasinya juga. 

12.Jika diberi kesempatan untuk bertanya,maka gunakanlah
Tanya lah seputar pekerjaan yang anda ingin lamar. Ini juga merupakan bentuk ekspresi ketertarikan anda dengan pekerjaan yang anda geluti. Dan ingatlah, tanya dengan menggunakan bahasa yang sopan.

13.Ucapkan terima kasih saat wawancara berakhir
Jangan lupa untuk mengucapkan banyak terima kasih atas waktu yang telah diberikan pewawancara kepada anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar