Minggu, 25 Maret 2018

Cara Memilih Macam Server yang Sesuai dengan Jasa Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaDikala mulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal tersebut bisa menjadi sebuah elemen utama yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang harus dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih macam server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk kebutuhan rumit, menengah, atau cuma dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru dapat memastikan tipe server yang tepat untuk layanan  Anda.

Cara Memilih Macam Server yang Sesuai dengan Jasa Anda


Sekarang ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam 4 kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini umumnya digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan karena bentuknya yang tipis dan mudah dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pengguna laptop antara 20 sampai 100 orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server macam entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai tenaga back up untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Server ini mampu melaksanakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, membatasi sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga sanggup simpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih pesat. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun demikian server tipe ini mempunyai keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan model ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu memakai suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka kalau ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini cocok untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, website informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu tipe server tertinggi. Server ini bisa menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendingin ruangan yang optimal supaya server dapat bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang ideal akan berakibat pada kinerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak menampung kerja pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi secara financial, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar