Rabu, 14 Maret 2018

Metode Pilih Jenis Server yang Pantas dengan Bisnis Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorDikala mulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal ini dapat menjadi sebuah elemen penting yang menentukan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang harus dipikirkan saat pertama kali sebelum pilih tipe server yakni mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan kompleks, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memutuskan macam server yang tepat untuk bisnis  Anda.

Metode Pilih Jenis Server yang Pantas dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, model server dibagi ke dalam empat kategori, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diaplikasikan sebab formatnya yang tipis dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pemakai computer antara 20 sampai seratus orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai kekuatan cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara berbarengan. Server ini mampu menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengontrol sistem pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga dapat tampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan besar. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun begitu server model ini memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan model ini terkoneksi pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini bisa mengaplikasikan penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Macam server ini cocok untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, web informasi, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah jenis server paling tinggi. Server ini sanggup menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari seribu pemakai yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang maksimal supaya server dapat bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang memakainya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berdampak pada daya kerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak mampu menampung pekerjaan pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar