Senin, 05 Maret 2018

Cara Memilih Macam Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

PC Server TerbaikKetika mulai merintis usaha startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut dapat menjadi suatu elemen prioritas yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang sepatutnya dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih jenis server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk keperluan rumit, sedang, atau sebatas dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat memutuskan macam server yang layak untuk bisnis  Anda.

Cara Memilih Macam Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Sekarang ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini lazim digunakan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan sebab wujudnya yang ramping dan gampang ditaruh pada rak server.
Jenis server ini sangat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pengguna laptop antara 20 sampai 100 orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai energi cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menghandle beberapa tugas secara bersamaan. Server ini mampu menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengontrol cara pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga sanggup menampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih besar. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server belum memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meski demikian server model ini mempunyai keunggulan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa menggunakan penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini tepat untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, website berita, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang optimal agar server bisa berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berakibat pada daya kerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi pekerjaan pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar