Minggu, 23 Oktober 2016

Mengenali Berbagai Aliran Seni Lukis

Cetak foto murah di Jakarta -Seni lukis bagian dari salah satu cabang dari seni rupa yang paling terkenal di dunia. seni lukis adalah seni yang mengapresiasikan kreatifitas seseorang seniman melalui bidang dua dimensi seperti halnya kanvas, kertas, papan, jalanan dan lain sebagainya.

Dan seiring berkembangnya zaman, seni lukis mengalami berbagai tingkatan dengan munculnya aliran baru yang ada pada seni lukis. Nah inilah 12 aliran seni lukis yang paling terkenal sejak abad 17.

1.    Aliran klasikisme
adalah aliran yang di gunakan untuk menampilkan gtambar klasik dan memiliki karakter tersendiri. Aliran ini sudah mempunyai peminat yang banyak entah itu baik pelukis nusantara maupun mancanegara.
lukisan yang memiliki aliran ini biasanya berbentuk seimbang dan harmonis. Wajah dan karakter yang ada di dalamnya terlihat sangat tenang, namun di setiap mencerita kejadiannya lukisan ini terkadang di lebih lebihkan.

2.    Aliran fauvisme
Adalah aliran yang memberikan kesan bebas dalam berekpresi. Kebebasan dalam berekpresi ini di izinkan pelukis untuk memberikan warna yang bebas kepada objeknya.
ciri ciri dari lukisan ini adalah terlihat dari warnanya yang cukup liar dan kontras pada gambar aslinya, namun ini memiliki beberapa gambar yang cukup detail dan masih di liat oleh pemirsanya.

3.    Aliran futurisme
adalah aliran yang  menggambarkan objek yang seolah olah terlihat dan bergerak, biasanya dalam suatu objek lukisan ini mengalami pengulangan beberapa kali.
aliran seni lukis ini biasanya terhubung dalam hubungan kait dengan gerak dan kecepatan, serta dapat memanfaatkan prinsip. Sayangnya untuk orang yang baru pemula terkadang sangat sulit mengambil maksud dari karya seni ini.

4.    Aliran dadaisme
adalah aliran yang menyajikan karya artistic yang sedikit beraroma dan menyeramkan tetapi kekanak-kanakan, terkadang juga mengesankan juga. Dan biasanya ini berdominasi dengan warna hitam putih atau pewarnaan primer dan kontras.

5.    Aliran kubisme
adalah yang memiliki bentuk geometris pada lukisannya. Dan untuk mengenal aliran ini sangat mudah kok dengan di liat dari bentuknya yang geometris dan warnanya yang perspektif.

6.    Aliran abstraksionisme
adalah aliran yang menggunakan warna dan bentuk secara acak dan tidak terbatas. Dan aliran ini dapat terbagi 2 yaitu kubistis dan non-figuratif. Dan dalam seni ini mengambil beberapa unsure dari seni rupa yang dapat di susun tidak beraturan.

7.    Aliran ekpresionisme
adalah aliran yang memberikan kesan bebas dari segi, bentuk dan warna . tetapi tidak boleh terlepas dari segi penampilan emosi objek.
Dan biasanya ini menggambarkan ekspresi manusia, namun dari kebelakangan ini pelukis sering berusaha menangkap emosi hewan.

8.    Aliran impresionisme
adalah aliran yang berusaha menampilkan kesan yang di tangkap dari objek lukisan tersebut.

9.    Aliran realisme
adalah aliran yang menampilkan karya lukis yang apa adanya. Dan lukisan ini biasanya menampilkan kehidupan sehari hari masyarakat.

10.    Aliran romantisme
adalah aliran yang menampilkan lukisan dengan indah dan fanatic. Biasanya aliran ini berkesan romantic dan kejadian yang di ceritakan berupa kejadian besar dan romantic.

11.    Aliran suraelisme
adalah aliran yang berkaitan dengan dunia khayalan.

12.    Aliran naturalisme
adalah aliran yang berusaha menampilkan objeknya secara alamiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar