Senin, 08 Februari 2016

Kelemahan Cloud Computing


Kelemahan si Cloud Computing


Cloud Computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dengan internet (Awan). Awan (cloud) merupakan metafora dari internet,sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan computer.
Selain kelebihan yang banyak dimilikinya,cloud computing juga memiliki kelemahan. Lalu apa sajakah kelemahan cloud computing ? Berikut merupakan kelemahan dari cloud computing :   
  1. Kita harus mempunyai koneksi internet. Jika tidak,maka kita tidak dapat menggunakan sistem cloud computing ini.
  2. Service level, artinya kemungkinan service performance yang kurang konsisten atau kurang bagus dari provider. Inkonsistensi cloud provider ini meliputi data protection dan data recovery.Dengan menggunakan sistem cloud computing berarti kita mempercayakan data-data yang kita simpan kepada perusahaan penyedia server secara sepenuhnya.
  3. Privacy, yang berarti adanya resiko data yang kita simpan akan diakses oleh orang lain karena hosting dilakukan secara bersama-sama.
  4. Compliance, yaitu ketidakpastian kepatuhan provider terhadap peraturan yang diterapkan.
  5. Data ownership mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam cloud. Atau ada kemungkinan data kita akan tertukar dengan pengguna lainnya karena memiliki kemiripan data.
  6. Data mobility, yang mengacu pada kemungkinan share data antar cloud service dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat user melakukan proses terminasi terhadap layanan cloud Computing.
  7. Ketidakpastian keberlanjutan keberadaan provider.
  8. Keamanan kurang terjamin,karena sistem hanya berlaku sebagai pelindung preventif, sehingga tidak melindungi terhadap penyerang agresif.
  9. Jika ada anonymous,otomatis kecepatan data akan berkurang secara drastis.
Berikut merupakan kelemahan cloud computing.  Namun tetap saja,semua keputusan bergantung pada pribadi kalian masing-masing. Pertimbangkan secara matang-matang  apakah kalian akan menggunakan teknologi cloud computing ini atau justru ingin menyimpan data dengan teknologi lama.Jangan sampai salah langkah  yah guys ;) Lebih tau lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar