Minggu, 25 Maret 2018

Cara Menentukan Jenis Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda

Sewa Server MurahSaat mulai merintis usaha startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut dapat menjadi suatu unsur utama yang memutuskan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang seharusnya dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan variasi server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Cara Menentukan Jenis Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda


Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk kebutuhan kompleks, menengah, atau sebatas digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru bisa menentukan tipe server yang sesuai untuk bisnis  Anda.
Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat bagian, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server model ini umumnya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan sebab bentuknya yang tipis dan mudah ditaruh pada rak server.
Model server ini amat layak untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas user pc antara 20 hingga seratus orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai energi cadangan untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menghandle beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa mengerjakan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, membatasi cara pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga sanggup menampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih besar. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun begitu server model ini memiliki keunikan tersendiri kalau dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menerapkan suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server tertinggi. Server ini dapat menciptakan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari seribu user yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan cara pendingin ruangan yang maksimal supaya server mampu bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang ideal akan berakibat pada performa bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung pekerjaan user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus